Para Mahasiswa, Ini Rahasia Dan Kiat Memulai Bisnis Saat Kuliah

ByNumahe

Para Mahasiswa, Ini Rahasia Dan Kiat Memulai Bisnis Saat Kuliah

Memiliki niat untuk memulai usaha atau bisnis sendiri tentunya membuat kamu begitu bersemangat dalam mempesiapkan segala sesuatunya. Saat kamu membangun sebuah bisnis, cobalah untuk membangun sebuah relasi yang baik dengan teman-teman sekelasmu dan juga mahasiswa lainnya untuk bergabung denganmu. Salah satunya Agus Subekti, mahasiswa dari Prodi Teknik Industri, yang menanyakan ideas wirausaha agar tidak hanya menggebu-gebu di awal karir tetapi konsisten hingga akhir. Seorang entrepreneur memiliki jiwa pengusaha, tapi seorang pengusaha belum tentu memiliki jiwa entrepreneur. Seorang calon entrepreneur sukses harus memiliki keberanian untuk “take action” dan menghilangkan ketakutan-ketakutannya serta langsung terjun ke dalam . Banyak orang menunda dan beralasan untuk tidak memulai bisnisnya, sehingga impiannya untuk memiliki bisnis hanya jalan di tempat tanpa tindakan untuk mewujudkannya.

Ia mencontohkan Nabi Muhammad Saw sebagai sosok pengusaha yang sukses dan unggul untuk dijadikan panutan. Ia menambahkan, kita harus mensosialisasikan bahwa salah satu usaha yang dapat mensejahterakan ialah dengan berkoperasi dan berwirausaha. Sehingga kesadaran mahasiswa dan masyarakat semakin tinggi tentang berwirausaha, maka Indonesia semakin maju dalam perekonomian seperti Cina. Menurutnya, kesadaran mahasiswa untuk berwirausaha sangat penting, sebab kesadaran itu akan berimbas baik terhadap kemajuan perekonomian Indonesia.

Mendengarkan ucapan-ucapan negatif dari orang lain akan melemahkan semangat kita untuk sukses. Berpikirlah positif dan yakinlah bahwa Anda mampu menghadapi apapun rintangan di tengah jalan menuju sukses. Pebisnis yang sudah sukses dulunya juga memulai bisnis dari nol dan tidak punya pengalaman sama sekali. Jadi, Anda pun pasti bisa asalkan Anda mau terus belajar dan meningkatkan kemampuan bisnis Anda. Namun, Anda bingung memilih peluang usaha yang terbaik dan cocok untuk Anda. Kertiga, kreativitas, kunci atau modal utama orang yang hendak terjun dalam usaha ini harus kreatif dan inovatifterhadap hasil produk maupun untuk melangkah ke pemasaran.

Dengan memberikan perlakukan adil bagi seseorang dalam lingkungan bisnis adalah hal yang harus dilakukan. [newline]Dimana memberikan perlakuan adil ini membantu dalam hal menghindari konflik inner lingkungan bisnis. Selain itu juga dapat membantu dalam menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman. Tahap ini berupa presentasi dandiskusirencana usaha.Para mahasiswa dipersilahkanmenyampaikanrencana usahanya dalam bentuk presentasi. Waktu yang diberikan sekitar 5-10 menit, kemudian dilanjutkan wawancara oleh reviewer yaitu dosen Universitas Gadjah Mada. Bener kata lu bang, sejujurnya banyak saudara sepupu gw, om, tante, dll. Gw cuman bisa ngomong dalem hati “yee emang lu kira hidup cuma sesimpel bisa tau cara cari duit doang”, biar ga berantem.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

“Penghargaan KLA dari Kementerian PPPA ini sebagai apresiasi untuk Pemerintah Daerah terhadap berbagai program pembangunan, dalam mendukung dan memihak terhadap hak-hak anak. Carilah komunitas yang memiliki topik bahasan yang sealam dengan topik atau genre channel Anda. Perhatikan dan lakukan saran-saran mereka yang baik, dan senantiasa tingkatkan kualitas channel Anda. Produksilah video yang mampu membangkitkan emosi dan perasaan para penonton Anda.

Kenyataannya tekad dan kerja keras saja tidaklah cukup, Anda juga perlu keberuntungan dan konsisten untuk terus berusaha saat gagal dan mencoba kembali. Untuk mencari ide Anda tidak bisa melakukannya dengan sengaja, Anda perlu waktu, chill out dan beristirahatlah. Beberapa ide mungkin berakhir dengan buruk, semua orang punya ide yang buruk, Anda cukup fokus pada ide yang baik saja. Yang perlu Anda lakukan adalah Timing disaat yang tepat dan menjadi lebih baik dari kompetitor yang ada, jika itu diluar kemampuan Anda maka jadilah berbeda dengan kompetitor. Saat Anda tidak bisa menjadi lebih baik maka jadilah berbeda, tawarkan sesuatu yang lain.

About the author

Numahe administrator