5 Tips Sukses Mengatur Waktu Kerja Sambil Kuliah

ByNumahe

5 Tips Sukses Mengatur Waktu Kerja Sambil Kuliah

Kata kunci dalam memanage segalanya, tidak hanya soal ibadah, mungkin juga kuliah atau pekerjaan adalah “prioritas” . Mungkin banyak orang yang sudah berujar bahwa keberhasilan bukanlah semata persoalan kecerdasan, sekalipun itu sangat menentukan, melainkan juha persoalan memanage waktu. Banyaknya kegiatan dan tanggung jawab sering membuat temper naik turun dan menimbulkan stress. Sangat penting untuk memiliki lingkungan yang supportif, yang dapat menjadi pendengar terbaik saat kita sedang memiliki masalah. Kita juga bisa cerita pada orang tua atau kakak apabila memiliki masalah, agar sama-sama menemukan solusinya.

Jika berbicara masalah waktu, tubuh manusia didesain untuk mendapatkan istirahat minimal eight jam sehari. Dengan demikian, seorang mahasiswa masih memiliki waktu 16 jam per hari untuk dapat berkativitas. Anda perlu pandai-pandai membagi waktu Anda, untuk kuliah, magang dan waktu pribadi .

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Memiliki tenaga bantu tanggap dan cepat dalam merespon dan menginformasikan perubahan jadwal perkuliahan , jadwal ujian/sidang/wisuda. Penelitian juga menunjukkan bahwa ketika seseorang melakukan tugas satu ke tugas yang lain lebih dari 10 kali dalam sehari akan berpotensi membuat kinerja otak menurun. Kalau memang hanya dipakai untuk mengirim file melalui e-mail, lakukan saja sesuai yang dibutuhkan.

Lakukan dulu pekerjaan yang mendesak sehingga Anda tidak ketinggalan. Pertama-tama Anda harus menentukan goal-goal yang ingin Anda capai dalam periode tertentu. Kemudian buat daftar rencana hal-hal yang perlu dilakukan setiap hari untuk mencapai hal tsb. Seringkali karena seseorang stress dan terburu-buru, ia cenderung teledor dan menciptakan masalah yang lain. Dengan time management yang baik, masalah tentu akan berkurang drastis. Time Management Skill adalah kemampuan untuk merencanakan dan mengontrol cara seseorang mengelola jam-jam hidupnya setiap hari secara efektif untuk mencapai tujuan mereka.

Meski sembari bekerja, pastikan nilai kamu di kampus tidak bermasalah. Gunakan waktu sebaik-baiknya terutama untuk belajar dan berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau kolega. Semua akan berjalan baik kalau kamu bisa menyeimbangkan waktu kegiatan. Kalau kamu kerja dari jam 9 hingga 17, dan kuliah dari jam 19 hingga 21, kira-kira berapa banyak waktu luang kamu yang tersisa. Dengan bawa case tersebut ke dalam proses kuliah, kamu bisa mendapatkan jawaban dari puluhan kepala secara free of charge. Menghasilkan SDM yang lebih akomodatif dan inovatif dalam mengaplikasikan ilmunya/bidang pekerjaannya .

Bahkan untuk menjawab kebutuhan ini tak sedikit kampus menyediakan fasilitas kelas bagi karyawan. Ialah fasilitas yang diperuntukan bagi para karyawan yang tetap ingin mengenyam pendidikan tinggi. Ini bukan suatu keharusan, tetapi benar-benar bisa memberikan kamu keuntungan dalam segi manajemen waktu. Dengan bekerja secara distant, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Ketika kamu memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, pastikan bahwa kamu memiliki pengaturan atau manajemen waktu yang baik. Perlu diketahui, menjalankan keduanya secara bersamaan tidaklah mudah tetapi juga tidak sesulit yang kamu kira kalau kamu menerapkan manajemen waktu yang baik.

Doa orang tua pastinya tidak akan pernah putus untuk Anda, maka Anda juga tidak boleh putus semangat berjuang untuk melihat mereka bahagia dengan Anda menjadi sarjana. PT Quantum Magna adalah penyedia layanan pelatihan keuangan untuk perusahaan, bisnis, UMKM, maupun individu dan keluarga dengan semangat pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan literasi keuangan. Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan sebuah bisnis sekaligus menjalankan peran Anda sebagai karyawan. Selain tips di atas, Anda juga harus menjalankan kedua peran tersebut dengan disiplin agar keduanya dapat diselesaikan dengan sempurna.

Nah, ketika ada waktu luang ini gunakanlah untuk aktivitas bermanfaat seperti berinovasi dengan hal baru, membaca buku, membantu orang tua serta tetap berkomunikasi baik dengan keluarga. Bekerja bukanlah suatu hambatan bagi seseorang untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Akan tetapi, ketatnya jadwal kuliah di akademi dan universitas yang menyelenggarakan sistem perkuliahan konvensional – terkadang – tidak memungkinkan untuk tetap dapat kuliah sambil bekerja. Di atas segalanya, kunci sukses jika pengin kerja sambil kuliah adalah manajemen diri yang baik.

Ketika Anda memiliki waktu tertentu yang disisihkan untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda, Anda juga dapat menyediakan waktu untuk memikirkan gambaran besar untuk diri Anda dan perusahaan Anda. Menggunakan waktu dengan efektif memberi seseorang kelebihan juga pilihan untuk mengelola kegiatan menurut keputusan dan kebijaksanaan mereka sendiri. Kamu dapat memilih bidang kerja yang sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah atau keterampilan yang sudah kamu dapatkan sebelumnya. Dengan ini kamu dapat mempraktikkan langsung apa yang kamu pelajari saat kuliah atau memperdalam keterampilan yang sudah kamu dapatkan sebelumnya di tempat kamu bekerja.

About the author

Numahe administrator